Sejarah KAMMI Kuningan

Sebelum adanya KAMMI di Kuningan, 2 orang akhwat dari Universitas Kuningan mengikuti training pengkaderan dengan KAMMI Komisariat Cirebon pada tahun 2011. Sehingga semua aktivitas pengkaderan selanjutnya terjadi di Cirebon. Menghadapi kondisi seperti ini,kader KAMMI yang ada di Kuningan merasa sedikit keberatan, karena tidak sinkronnya waktu antara kader Kuningan dan Cirebon, juga kendala jarak yang cukup jauh sedikit menghambat partisipasi kader dalam setiap kegiatan.

Kemudian kami yang ada di Kuningan meminta bantuan tulabi dan berkoordinassi dengan KAMMDA Cirebon untuk permasalahan ini. Sehingga dari pihak tulabi dan KAMMDA Cirebon menyarankan mendirikan Komisariat sendiri di Kuningan.

Kader di Kuningan mulai melakukan pengkaderan di Kuningan untuk diikut sertakan DM 1 dengan kepanitiaan Komsat Cirebon namun pelaksanaannya dilakukan di Kuningan. Dari sinilah kader-kader Kuningan bertambah dan mulai menambah kekuatan untuk mendirikan komisariat.

Semenjak tahun 2012 kami merencanakan untuk berdirinya Komisariat KAMMI di Kuningan. Strategi yang kami lakukan yaitu mengadakan DM 1 gabungan antara Kuningan dan Cirebon dengan kepanitiaan inti dari Kuningan pada awal tahun 2013. Alhamdulillah kader AB1 baru yang terkumpul ada sekitar 20 orang. Kekuatan KAMMI semakin bertambah dengan adanya beberapa kampus yang bergabung mulai dari Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Ihya (Sekarang Universitas Islam Al Ihya), Sekolah Tinggi Agama Islam Husnul Khotimah (sekarang Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Husnul Khotimah), dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan (STIKES Kuningan)


Sehingga semua aktivitas pengkaderan, kegiatan, dan lain-lainnya mulai terpusat di Kuningan. Selain itu ternyata desakan para kader baru pun sangat semangat untuk segera membentuk komsat di Kuningan. Akhirnya pada tanggal 31 Juli 2013 pelantikan kepengurusan KAMMI Komisariat Kuningan terlaksana dengan lancar dengan di ketuai oleh kang Dani Fitriya.

Inilah ujung tombak dari segala perjuangan selama ini. Semangat dakwah kami semakin bertumpuk dan memiliki wadah yang seutuhnya. Namun perjuangan di depan belumlah selesai. Kami selalu berjuang sampai saat ini dan sampai akhir nanti, Insyaa Allah.. Yaa muqalibal qulub tsabit qalbi ‘ala dinik… Semoga kita semua senantiasa memperjuangkan dakwah dan meninggalkan pun dalam jalan dakwah ini.
Terus Bergerak Tuntaskan Perubahan dan komitmen untuk “ Bergerak atau Tergantikan”!!  

 Penulis sejarah kammi kuningan yang tadi udah dibahas yaitu Kang Evnu, beliau katanya sih bukan kader KAMMI Kuningan tapi beliau tau semua tentang sejarah kammi dikuningan. Siapa ya diaa?? Yang pasti beliau juga mencatatkan sejarah indah dari adanya KAMMI di kuningan loh guy... kalo masih kepo, hubungi admin humas ajah yaaa.. hahaha

Mimin kali ini ingin meneruskan sejarah Indahnya loohh.. mimin dibantu juga oleh kang yogi, Ketumda KAMMI Kuningan 2016-2018 untuk mencari tau kelanjutan sejarah KAMMI Kuningan.  Penasaran gak nih?? harus dong.. (Maksa Amat min.. hehe)  


Yaa.. kita akan bongkar sejarah kammi kuningan selanjutnya yaaah.. Tadi sampe mana yaa?? Oh iya 2013 yah udah terbentuk kammi komisariat Kuningan yaah. sebenernya sejenis kammda mungkin yaa. tapi ini belum bisa dibilang kammda karena harus terpenuhi syaratnya. jadi masih berbentuk komisariat.. (gimana sih min? kok kamda tapi komisariat.. yah gitu lah pokoknya. hehe)


Hingga akhirnya pada tahun 2015 , Kammi kuningan berhasil nih ngadain Dauroh Marhalah 2 Kuningan perdana. (woow.. banget kan??...) DM 2 Kuningan ini juga sebagai pembuka jalan dalam terbentuknya KAMMI Daerah Kuningan yang sejati. dengan menghantarkan 5 Orang peserta dari kuningan sendiri, yaitu ada kang Yogi, Mukhlis, Iman, teh Putri dan Teh Rian ( Mungkin temen-temen ada yang kenal ada yang enggak yahh)

mimin mencantumkan nama ini adalah sebagai motivasi buat kita yah, KAMMI Kuningan itu hadir bukan tau-tau ada, tapi ada yang memperjuangkan di awal dan harus diperjuangkan oleh penerusnya hingga ini menjadi amal jariyah yang tidak disangka-sangka oleh teman-teman lainnya.. Perjuangan masih panjang, mau bergerak atau tergantikan.. (ehh jadi serius gini min.. hehe) kebawa suasana yaahh..haha

Lanjut yaahh.. Dalam berjalannya waktu, akhirnya pada tahun 2015 ini di bentuklah Penanggung Jawab (PJ) per komisariat yang pada saat itu terdapat 2 Komisariat yaitu Komisariat Al Quds oleh kang Yogi Iskandar  dan Komisariat Al Fatih oleh Kang Iis Mukhlis. (inget yaah baru berbentuk PJ loh)

Pada Tahun 2016-2018, Karena Syarat bisa terbentuknya KAMMDA yaitu minimal terdapat 2 Komisariat dan kader 50 orang minimal (pada saat itu), maka dibentuklah KAMMDA Kuningan dan mulai melakukan Musyawarah Daerah (MUSDA I) dengan menghasilkan Penerus Estafeta, Ketua Kammi Kuningan yaitu kang Yogi Iskandar dan dibantu oleh 12 pengurus lainnya.

Disusul setelahnya terbentuk KAMMDA Kuningan diresmikanlah 2 komisariat yaitu KAMMI Komisariat Al Quds  dengan Ketua Kang Ade Zezen MZM dan KAMMI Komisariat Al Fatih dengan Ketua Kang Ahmad Nawawi. 


Selama Masa juang kamda di tahun 2016-2018 adalah starting kammi di kabupaten karena status nya penuh dan kami menyadari kader di kuningan semakin banyak dan salah satu ketua PW jabar saat itu akh rijal wahid menyampaikan kuningan itu harus menjadi lumbung kader di jawa barat
 karena peningkatan kader tiap tahunnya dan kami menyadari bahwasannya kader semakin bertambah di kuningan saat itu sehingga kami pengurus daerah memberangkatkan temen" ab1 untuk berangkat DM 2, karena kebutuhan akan pengelolaan kader di daerah yang makin bertambah. 


 oleh karena itu kami pengurus kamda 2016 - 2018 berharap kepada temen-temen ab 1 dan ab 2 untuk terus meningkatkan kapasitas diri, dan ane menyadari kalo kita terus terusan di ab1 atau ab2 kita tidak akan terus berkembang jangan pernah berkata kita belum pantas, kita belum siap tapi yakin lah bahwasanya itu amanah dari allah agar kita terus menjadi lebih baik jangan lama di ab1 dan ab 2. 


Perjuangan masih berlanjut, 

    Hingga pada Tahun 2018-2019, KAMMI Daerah Kuningan melakukan Musyawarah Daerah II (MUSYDA II) dan terjadilah pergantian Estafeta Kepemimpinan, yaitu Kang Adc Zezen terpilih menjadi Ketumda KAMMI Kuningan ke 3 dengan masa jabatan 1 tahun kepengurusan. Namun dengan waktu yang terbilang singkat ini Kang Ade Zezen dibantu oleh Pengurus lainnya berhasil membuat gerakan-gerakan yang besar, KAMMI Kuningan hadir ditengah masyarakat dan mendapatkan citra yang baik pada saat itu. KAMMI Kuningan juga berhasil mengadakan Dauroh Marhalah II yang kedua kalinya dengan peserta yang cukup banyak. 

Selanjutnya, pada tahun 2019- sekarang, KAMMI kuningan selalu berganti Estafeta Kepemimpinan sehingga terpilihlah Kang Iis Mukhlis sebagai Ketua KAMMI Kuningan 2019-2021. 


semoga dari sejarah yang singkat ini, dapat diteruskan dan diperjuangkan. 
( bukan buat mimin LOHH.. Tapi buat Kamu dan KAMMI yaaa.. hehe) 

   Udah malem juga mimin nulis ini yaa.. kira kiraa sekarang jam 11.58 PM.. Jadi klo ada kata-kata yang salah bisa di koreksi yaaa.. Silahkan hubungi Contact Us kami..

Oh iyaa.. Satu lagi nihhh.. Berikut Ketua-ketua KAMMI Kuningan dari masa ke masa.. Kepoin Yukk..hehe


        • 2013-2016 :  Dani Fitriya
        • 2016-2018 :  Yogi Iskandar, S.Pd.I
        • 2018-2019 :  Ade Zezen M. Z. M. S.Pd.I
        • 2019-2021 :  Iis Mukhlis, S.Pd


Hidup Mahasiswa, Hidup Rakyat Indonesia
Salam dari Humas KAMMI Kuningan
ini ku berikan hanya untuk kalian pengunjung setia website kammi kuningan.

Posting Komentar

0 Komentar